Geutah Ramadhan : Humor Tashauf

Boh Panah | Alkisah, pada bulan Ramadhan ini Perpustakaan tetap buka dan memberikan layanan seperti biasa. Sambil merapikan buku-buku di rak, Ramadhan mencoba menyapa pengguna perpustakaan.
Ramadhan (seorang Pustakawan): ”Saya tidak percaya Tuhan itu ada. Bagaimana menurut saudara?”
Pengguna Perpustakaan: “Lho, kenapa bisa begitu? Kalau menurut saya ada.” kata seorang pengunjung sambil terus membaca buku.
Ramadhan (Pustakawan): “Begini, coba kamu perhatikan di luar sana, di jalanan, sebagai bukti bahwa Tuhan itu tidak ada. Jika Tuhan itu ada, adakah orang yang bodoh? Adakah kemiskinan di muka bumi ini dan anak terlantar? Jika Tuhan ada, tidak akan ada orang sakit atau kesusahan. Saya tidak dapat membayangkan Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang akan membiarkan semua ini terjadi.”
Pengguna Perpustakaan itu diam. Ia berpikir keras. “Bagaimana caranya mencari jawaban yang tepat,” pikirnya. Seusai membaca sejenak dan meminjam buku, Pengguna Perpustakaan itu pergi meninggalkan perpustakaan.
Pengguna Perpustakaan itu menyeberang jalan, pergi ke minimarket di depan perpustakaan dan melihat seorang tuna aksara (buta huruf/ tidak bisa membaca), dia tidak bisa membaca kwitansi yang dia terima dari Kasir minimarket.
Pengguna Perpustakaan itu segera kembali ke perpustakaan dan berkata kepada Ramadhan (si Pustakawan), “Kamu tahu, sesungguhnya Perpustakaan itu tidak ada dan tidak berguna!”
Ramadhan (si Pustakawan) tidak terima. Ia protes. ”Kamu kok bilang begitu? Kan kamu baru saja meminjam buku di Perpustakaan ini!,” katanya.
“Oh, tidak!,” kata Pengguna Perpustakaan. “Perpustakaan itu tidak ada dan tidak berguna, sebab jika ada, tidak akan ada orang bodoh, orang buta huruf, tidak akan ada orang yang tidak bisa membaca dan menulis seperti orang itu,” kata si Pengguna Perpustakaan sambil menunjuk ke arah Kasir minimarket.
“Ah tidak, itu salah mereka sendiri kenapa tidak datang ke Perpustakaan ini,” jawab si Ramadhan (Pustakawan) membela diri.
“Tepat sekali!,” kata si Pengguna Perpustakaan menimpali. “Itulah yang terjadi. Sama dengan masalah keberadaan Tuhan, Dia itu ada. Namun orang-orang tidak mau datang kepada-Nya, dan tidak mau mencari-Nya. Maka, banyak yang tertimpa kesusahan di dunia ini,” katanya.
Ramadhan si Pustakawan itu diam seribu bahasa, berpikir keras, sadar dan berniat merevisi pendapatnya.
[perpustakaan.depkeu.go.id]
Tags: ,

Boh Panah...?

Pat Boh Pahah Nyang Hana Geutah Kecuali Boh Mirah Ngoen Boh Keuladi, Pat Tuto atawa But Nyang Hana Salah Kecuali Firman Allah Ngoen Hadih Nabi.

Boh Panah nyan peunajoh Raja Aceh jameun dilee. Tapi lawet nyoe jeut keu gura seubab gara-gara boh panah abeh duem ureung meugeutah.
Boh Panah (Buah Nangka) merupakan makanan favorit Raja Aceh masa dahulu kala. Namun sekarang menjadi heboh karena getahnya itu membuat banyak orang terjerat. ...selebihnya tentang Boh Panah!