Unik : 8 Istilah Keren Aceh

Boh Panah | Sebenarnya ini udah lama dipublish oleh blog-blog rakan lain. Tapi tidak ada salahnya kan untuk kembali menampilkannya. Mana tahu bisa untuk tambahan koleksi.
Baiklah, rakan Boh Panah tentu tidak asing lagi mendengar istila-istilah atau Hadieh Maja modern anak muda aceh berikut ini, ya bukan hanya anak muda maksudnya, yang tua-tua bangka juga ada. Ga percaya..?? Lihat tuh Video amatir keren yang berhasil dirilis oleh Ureung Tuha keren di Youtube..hehehh..

Kembali ke istilah anak muda aceh, kira-kira bagaimana sih pendapat rakan Boh panah tentang istilah itu..? Apa masih layak guna..?? Atau sampai kapan pun akan tetap keren di mata orang aceh..Berikut 8 istilah keren Aceh yang kami atur menurut ketenarannya.
Mari kita Cang..

1. Eh Malam
Tidur Malam, lebih kerennya Eh malam (siapa keren bahasa Aceh ama bahasa Indo..:P). Awalnya bingung.. Apa sich maksudnya itu.. Eh Malaaaaam.. Singkat sekali, kadang-kadang dipanjangin mad-nya hingga 20 harakat. Mungkin ajakan untuk tidur seperti yang terjadi di kota-kota besar itu yaah..??! Owwh tidaak...Aceh hana bieh-bieh lage nyan beeh...[ada sich, aneuk kaplat]. Tapi akhirnya aku sadar O:), itu merupakan ajakan lembut [lembut sekali] agar seseorang meninggalkan pekerjaan yang kurang bermanfaat...hehehh
Kami merekomendasikan ini di posisi utama karena memang tingkah laku anak muda sekarang, Aceh Khususnya memang sudah semacam adat gitu untuk tidak tidur malam, jadi makin banyak yang pantas ditegur, Eh Malaam.
Nilai : A+

2. Cang Panah
Waduhh...!! Ini yang paling membahayakan dan sungguh menyindir Boh Panah dot blogspot dot komm...Betapa tidak, Kata-katanya sungguh lembut dan anggun untuk menyapa siapa saja yang begitu over berbicara, namun hasilnya 0 [nol, ditebalin biar nampak besar] . Tapi "Boh Panah" kita tercinta ini tidak begitu kan sobb...:) hehehh..
Bertahan di posisi kedua karena sekarang atau memang sejak dulu pembicaraan orang itu banyak yang kurang faedahnya. hanya cakap kosong.. 
Nilai : A.



3. Cet Langet
Siapa yang jago ngecat langi tunjuk tangan....!!!
hahaha.... Bisa ajahh orang Aceh yahh... Mana ada yang bisa kan, tentunya karena itu hanya julukan bagi mereka yang terlalu berangan-angan, berandai-andai dan bangsa sejenisnya. Tapi jangan kaget bila suatu saat nanti kita akan bisa melihat orang yang bener-bener Cet Langet. Dajjal..?? Bisa jadi..hehehh Kita tunggu keajaibannya...
Peringkat ketiga karena anak muda itu paling suka yang beginian.. "Berawal dari mimpi" kalau tidak ada bukti gimana coba..? mau mimpi-mimpi saja..? hehehh
Nilai : A.



4. Hana Peng Hana Inong

Ga ada duit ga punya cewek...??
Waduu...!! Sialan banget yang buat istilah ini.. Masa mau punya inoeng harus punya peng...??! Emang wanita itu apaan..?? Tapi begitulah kenyataanya...Benar saja, emas sekarang se-mayam berapa coba...?? Menyedihkan sekali bagi yang tak punya peng tentunya...hahaha
Di posisi ke-empat karena melihat kondisi perekonomian dunia dan pribadi.. heheh.. ga objektif banget..!! Tapi itu rasanya kurang sesuai juga..
Nilai : B

5. Bek Lagee Jampok
Ini dia istilah yang paling ngetop bertahan sampai sekarang.. Ga lapuk dimakan waktu, ga luntur diguyur hujan..
Sudah berlaku sejak nabi Adam.. [kan kisah Jampok itu udah lama sekali, mungkin latarnya sebelum Nabi Adam..heheh]
yaa...Bek Lagee Jampok Beeh... Atau gaya lain [peh sampeng], "JAMPOOK..!"... atau cukup dengan bersuara nyaring saja, "PUUUK"... Otomais rakan akan dibilang Jampok di siang hari [Jampok Cot Uroe]... hahaha...
Tapi ini cukup membantu untuk memadamkan api mereka yang sedang narsis-narsisnya...
Mari kita praktekkan bersama, "PUUUK...!" hahaha..
dugh..keren dan aplicable neeh..
Nilai : B.

6. Bek Malee-Malee

Disaat Da-Poe duduk bersama yahwa-yahwa biasanya, tepatnya ketika hidangan tersedia begitu wahh di depan di sebuah kenduri atawa pesta. Pastinya kita membuat suatu perhitungan matang dahulu kan sebelum terjun berperang menghadapi musuh yang telah siap di hadapan kita. Nahh..Sembari kita mengatur siasat itu langsung saja hujaman dahsyat mengenai area belakang pertahanan kita, "Bek Malee-Malee...!" wahh ternyata dukungan dari pihak NATO nehh.. ditambah lagi sambungannya "Hamok Lajuu".. Wallahh...mana ada cerita lagi, lansung saja seketika memenangi pertempuran sengit tersebut...hahaha
Itu hanya contoh kecil saja..tujuannya adalah sebagai pendorong supaya anak muda itu ngak jadi seorang pemalu dalam menunjukkan sesuatu, yang baik dan berguna dunk.. Kalao ditunjukin itu mah malah di-tromm ntar...hahaha
Eitts...Ada lagi, jangan berlebihan juga tapi yaah...hehehhh
Jadi kurang keren karena udah sedikit tuh pemuda yang punya malu.
Nilai : C.


7. Gabuk Manok Gabuk Itek

Lohh..??! Apa hubungannya... Gabuk ayam sama gabuk itik [bebek]. Toh ayam punya kehidupan sendiri dan itik-pun demikian.. Iya sie kandang Da-Poe komunitas bebek dan ayam bersatu hingga mendirikan Republik Rakyat Manok-Itek dengan kabinet Ma'Tek bersatu...hahah.. Ga nyambung bangett..
yang penting itu istilah yang pantas diberikan untuk mereka yang tak hanya bisa menikmati bila ada sesuatu pada orang lain, tapi mereka harus sama memiliki juga dan merasakan hal yang sama seperti pada orang lain tersebut, sehingga Gabuk Manok, Gabuk Itek..
Mungkin hanya sebagian saja yang menggunakan istilah ini.
Nilai : C

8. Jak Lom U Banda

Jak Lom U Banda..??
Apa sich maksudnya... Rakan Boh Panah pernah dengar tidak slogan yang dipopulerkan iklan untuk menyukseskan Visit Banda Aceh.. Persis begitu yang artinya "Pergi Lagi Ke Banda". Mewakili sikap keramah-tamahan rakyat Aceh supaya para pengunjung Banda Aceh tidak bosan-bosannya untuk terus bolak-balik dan betah di Aceh.
Tapi dengan irama yang sedikit berbeda dan mengandung mantra kutukan yang begitu pedas, "Jak Lom U Banda.. Hana teumpat duek, doeng pieh jeutt..." yaa..Khusus bagi mereka yang hanya menjadikan diri bagaikan dedaunan yang jatuh dan tak berdaya dan akhirnya hanya menjadi sampah dan membuat semak kota Banda Aceh... Hahaha..
Karena bikin pusing dan ga nyaman bagi yang memiliki penyakit otak kanan dan saraf makanya posisinya paling bawah.
Nilai : B+ [buat dukung visit Aceh] hehehh..

Sebenarnya masih banyak istilah keren orang Aceh, hanya saja kami terbatas di sini saja dulu..
Kalau ada tambahan, tinggal kasih di komentar ya rakan meutuwah..:)
Wassalam..:)

***
Budayakan Terima Kasih :
  • piyohdesign.blogspot.com [sumber dan ilustrasinya oke banget]
  • acehdesain.wordpress.com [Juga sama]
  • atjehcyber.net [tambahan]
Tags: , , ,

Boh Panah...?

Pat Boh Pahah Nyang Hana Geutah Kecuali Boh Mirah Ngoen Boh Keuladi, Pat Tuto atawa But Nyang Hana Salah Kecuali Firman Allah Ngoen Hadih Nabi.

Boh Panah nyan peunajoh Raja Aceh jameun dilee. Tapi lawet nyoe jeut keu gura seubab gara-gara boh panah abeh duem ureung meugeutah.
Boh Panah (Buah Nangka) merupakan makanan favorit Raja Aceh masa dahulu kala. Namun sekarang menjadi heboh karena getahnya itu membuat banyak orang terjerat. ...selebihnya tentang Boh Panah!