TIPS : Apa Yang Harus Dilakukan Saat Lebaran [Uroe Raya]

Boh Panah | Apa saja yang harus [wajib] dilakukan saat lebaran tiba...??? [Uroe raya hoe meujak tajoe..?]
Mungkin sebagian rakan Boh Panah tercinta lagi bingung atau mungkin belum punya pengalaman lebaran neeh.. [O]
So, Boh Panah mau bagiin sedikit jalan keluar supaya lebaran rakan Boh Panah itu memiliki kesan yang lebih dan penuh makna.

Berikut ini ada beberapa tips merayakan idul fitri dengan baik dan benar:
1. Kunjungi kedua orang tua, mertua, saudara, guru/teungku dan tetangga terdekat terlebih dahulu. [ingat, bukan yang lain..!] Juga makam orang tua, nenek dan keluarga.
2. Waktu berkunjung sebaiknya selepas shalat Id sebelum shalat Dhuhur, atau selepas shalat Isya tapi jangan terlalu malam karena kehadiranmu sungguh mengganggu setelah itu.
3. Jika sudah terdengar suara adzan maka segera mencari mesjid terdekat. Jangan ditunda-tunda lagi.!
4. Makanlah hidangan yang disediakan secukupnya, jangan berlebihan. [Bek Bueuloe]
5. Jangan makan sembarangan, hindari makanan yang mengandung kolesterol tinggi. Jangan gara-gara nafsu makanan kita umbar akhirnya mengganggu kesehatan kita.
6. Tetap jaga keselamatan di jalan, lengkapi surat-surat kendaraan dan keselamatan berkendaraan misalnya helm dan kenakan sabuk pengaman bagi yang punya.
7. Usahakan membawa oleh-oleh untuk yang kita kunjungi, walaupun di hari lebaran banyak makanan tetapi pemberian tamu untuk ahli bait sebagai hadiah sangat bermanfaat.
8. Kunjungilah dan santuni saudara atau tetangga yang rendah dan miskin agar mereka juga merasa dihargai dan bisa berbahagia di hari raya ini. Jangan hanya orang kaya saja yang kita kunjungi karena berharap sesuatu imbalan.
9. Jauhi tempat hiburan atau rekreasi yang banyak maksiat di dalamnya.
10. Jangan lupa santuni Boh Panah* supaya makin bisa berbagi di sini ya rakan meutuwah.
[infotekkom]

Buat rakan yang punya usulan lain silakan ditambah di kolom komentar yahh...:)
Tags: , ,

Boh Panah...?

Pat Boh Pahah Nyang Hana Geutah Kecuali Boh Mirah Ngoen Boh Keuladi, Pat Tuto atawa But Nyang Hana Salah Kecuali Firman Allah Ngoen Hadih Nabi.

Boh Panah nyan peunajoh Raja Aceh jameun dilee. Tapi lawet nyoe jeut keu gura seubab gara-gara boh panah abeh duem ureung meugeutah.
Boh Panah (Buah Nangka) merupakan makanan favorit Raja Aceh masa dahulu kala. Namun sekarang menjadi heboh karena getahnya itu membuat banyak orang terjerat. ...selebihnya tentang Boh Panah!