TIPS : MEMBUAT KETUPAT BAGUS, AWET DAN ENAK.

Ketupat Bongko ..??
Bagi yang puasa !
Boh Panah | Salam Boh Panah.. Beberapa hari lagi kita akan merayakan hari raya nehh.. Jadi Da-Poe Boh Panah ingin berbagi tips tentang cara memasak boh panah, epss.. Maksudnya ketupat [keutupek] lebaran.
Setelah berjalan sejenak kami menemukan yang satu ini, mungkin bermanfaat buat rakan Boh Panah dot blogspot dot komm..
=====
Tak jarang yang mengalami kegagalan dalam membuat ketupat. Misalnya ketupat hasilnya terlalu lembek, tidak matang, matang tetapi berbutir, terlalu keras, dan lain sebagainya. Nah, berikut ada beberapa tips agar ketupat yang anda buat bagus, awet dan enak. Tips dibawah ini juga berlaku untuk anda yang membuat lontong dan lepet.

TIPS MEMBUAT KETUPAT BAGUS, AWET DAN ENAK.

  1. Pilihlah beras yang bermutu bagus, cuci hingga bersih agar ketupat tidak cepat basi, teksturnya padat tapi lembut.
  2. Pilih selongsong ketupat yang masih segar, bersih, anyamannya teratur dan rapat, agar hasilnya padat dan bersih.
  3. Untuk selongsong lontong, pilihlah daun pisang batu, karena hasil lontong lapisan luarnya bisa hijau dan aromanya nikmat.
  4. Isi selongsong ketupat atau lontong jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Bila terlalu banyak isi, ketupat akan keras, tidak matang dan berbutir. Sebaliknya kalau kurang isi hasilnya akan lembek. Isi beras pada selongsong biasanya hanya 1/3-2/3 tinggi selongsong.
  5. Selama proses merebus, pastikan lontong dan ketupat terendam air. Jika saat merebus lontong/ketupat belum matang tetapi airnya habis, tambahkan air mendidih agar proses memasak terus berlangsung.
  6. Proses perebusan lontong dan ketupat sebaiknya tidak dicampur agar hasil ketupatnya bersih, tidak kusam karena getah daun pisang saat direbus bisa menimbulkan efek merah kecoklatan.
  7. Jika ingin ketupat lebih gurih, ganti air untuk merebus dengan santan.
  8. Setelah lontong/ketupat matang segera angkat, bersihkan, rapikan bentuknya dan angin-anginkan. Kalau ketupat biasanya dengan cara digantung.
  9. Sajikan lontong dan ketupat dalam keadaan dingin agar bentuknya bagus.
[resepmasakanindonesia]

Yang masih tetap saja gagal segera introspeksi diri, dan yang berhasil jangan lupa share disini okkaay...!!
hahaha...
Tags: , ,

Boh Panah...?

Pat Boh Pahah Nyang Hana Geutah Kecuali Boh Mirah Ngoen Boh Keuladi, Pat Tuto atawa But Nyang Hana Salah Kecuali Firman Allah Ngoen Hadih Nabi.

Boh Panah nyan peunajoh Raja Aceh jameun dilee. Tapi lawet nyoe jeut keu gura seubab gara-gara boh panah abeh duem ureung meugeutah.
Boh Panah (Buah Nangka) merupakan makanan favorit Raja Aceh masa dahulu kala. Namun sekarang menjadi heboh karena getahnya itu membuat banyak orang terjerat. ...selebihnya tentang Boh Panah!